Dalam Istilah kajian keIslaman, gambar disebut dengan ṣurah, dan membuat gambar dinamakan taṣwir. Para Ulama berbeda pendapat tentang hukum gambar, baik itu membuatnya atau memilikinya.

menurut Muhammad Ali al-Ṣabuni taṣwir yang diharamkan adalah yang dilukis dengan tangan yang merupakan tiruan makhluk bernyawa dan juga taṣwir yang berwujud fisik dan memiliki bayangan yaitu patung.

Gambar dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah taṣwir, kata taṣwir merupakan derivasi dari lafal يصور- صورyang berarti membuat bentuk atau gambar Kemudian taṣwir terbagi kepada dua yaitu taṣwir dalam artian berbentuk lukisan yang dilukis di kertas, dinding, dan sebagainya, ada pula taṣwir yang memiliki wujud fisik yang disebut dengan patung yang memiliki volume, fisik dan bayangan yang ditiru dari benda, baik itu benda hidup maupun benda mati.

Adapun gambar yang ada di zaman Nabi Saw. dan yang terlarang atau diharamkan adalah gambar yang mencakup tiga sifat yaitu, gambar makhluk bernyawa, dari jenis manusia atau hewan, dimaksudkan pengagungan, dan gambar itu menandingi ciptaan Allah swt. Dewasa ini gambar bukan hanya sesuatu yang dilukis atau digambar dengan tangan menggunakan alat gambar seperti pensil, kuas dan lain-lain. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang ada pada zaman modern ini gambar juga merambah kedalam dunia fotografi. Fotografi yaitu pembentukan gambar melalui suatu media yang dikenal dengan “kamera”. Alat ini akan mendistribusikan cahaya ke suatu bahan yang sensitif terhadap cahaya, bahan itu dinamakan negatif atau film.

Mengenai permasalahan hukum gambar, para Ulama memiliki pendapat yang berbeda, diantaranya yang akan penulis bahas dalam essay ini adalah pendapat dari Muhammad Ali al-Ṣabuni. Menurut beliau, taṣwir yang diharamkan adalah yang dilukis dengan tangan yang merupakan tiruan makhluk bernyawa dan juga taṣwir yang berwujud fisik dan memiliki bayangan yaitu patung. Hal ini dikarenakan al-Ṣabuni mengartikan bahwa taṣwir adalah perkataan untuk lukisan dan patung sekaligus.

Juga berdasarkan hadis Nabi Saw yang artinya yaitu :

Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah dari Malik dari Nafi‟ dari Qasim bin Muhammad dari Aisyah r.a (istri Nabi Saw) mengabarkan padanya, bahwa dia membeli bantal kecil yang bergambar. Ketika Rasulullah Saw. melihatnya, beliau berdiri di pintu dan tidak masuk. Aisyah mengetahui di wajahnya ada rasa tidak senang. Dia berkata, “wahai Rasulullah, aku bertaubat kepada Allah dan Rasul-Nya, apakah dosaku?” Beliau berkata, “Apa urusan bantal kecil ini?” Beliau (Aisyah) berkata, “Aku membelinya untuk engkau pakai duduk di atasnya dan bersandar.” Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya para pemilik gambar-gambar ini disiksa pada hari kiamat. Dikatakan kepada mereka, „Hidupkan apa yang kamu ciptakan‟. “Beliau bersabda, “Sesungguhnya rumah yang terdapat gambar-gambar, maka tidak dimasuki malaikat.

 

Biografi Muhammad Ali Al-Shabuni :

Syekh Al-Shabuni, lahir di kota Suriah Aleppo pada tahun 1930, lulus dari Sekolah Tinggi Syariah Universitas Al-Azhar di Mesir pad 1955. Dia adalah salah satu cendekiawan paling terkemuka, pengamat paling terkenal dalam sains, tafsir, hadits dan Alquran.

Hingga wafat Syekh masih menjabat sebagai presiden Asosiasi Cendekiawan Suriah. Dia juga aktif dalam menulis buku, jumlah bukunya kini mencapai 57 buku,  buku yang paling terkenal adalag “Shafwat at-Tafasir” yang diterbitkan 40 tahun lalu, selain “Mukhtasar Tafsir Ibn Kathir”, “Muqtasar Tafsir al-Tabari, "Al-Tibyan fi Ulum Alquran, "Rawai’ al-Bayan fi Tafsir Ayat al-Ahkam”, dan  Qabas min Nur Alquran”.

Syekh Al-Shabuni juga aktif berdakwah di layar kaca. Setidaknya ada lebih dari 600 episode tayangan televisi yang membahas tafsir Alquran. Sejak awal 2011, almarhum Syekh memihak pada revolusi Musim Semi Arab, dan mengatakan dalam beberapa wawancara di televisi bahwa seorang penguasa yang memaksa rakyatnya dan menyimpang dari semua penyimpangan dari agama Tuhan adalah kriminal dan harus dilawan.

Definisi Gambar

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian gambar yaitu tiruan bentuk orang, hewan, tumbuhan, dan lain-lain yang dibuat dengan coretan pensil gambar pada kertas atau yang lain.1 Selain gambar, dewasa ini juga dikenal dengan istilah foto, atau dengan kata lain disebut potret.

Ṣurah adalah sesuatu yang dapat dilukiskan oleh penglihatan, yang membedakannya dengan sesuatu yang lain. Ṣurah ada dua macam. Pertama, ṣurah yang dapat diindra baik oleh manusia maupun hewan (bisa dilihat, dirasakan oleh panca indera, baik panca indera hewan atau manusia-pen), seperti ṣurah manusia, kuda, himar, dan unta. Kedua, ṣurah yang abstrak, yang hanya dapat dipahami oleh orang-orang tertentu, seperti gambaran manusia dari segi kemampuan akal, kreativitas, dan imajinasinya

Mengenai makna al-ṣuwar para ahli bahasa Arab mempunyai beberapa pandangan, sebagian mengatakan bahwa al-ṣuwar merupakan bentuk jama‟ dari ṣurah yang berarti bentuk, gambar, atau makhluk.

Sedangkan menurut sebagian ulama lain, ṣurah merupakan sebuah ungkapan yang digunakan untuk menyebut patung dan gambar sekaligus tanpa membedakannya.

 

Sumber Hukum :

1. Dari hadits Abdullah bin Mas’ud radhiallahu’anhu, beliau berkata: aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

 

إنَّ أشدَّ النَّاسِ عذابًا عندَ اللَّهِ يومَ القيامةِ المصوِّرونَ

orang yang paling keras adzabnya di hari kiamat, di sisi Allah, adalah tukang gambar” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

 

 

 

2. Saba’ ayat 13

يَعْمَلُوْنَ لَهٗ مَا يَشَاۤءُ مِنْ مَّحَارِيْبَ وَتَمَاثِيْلَ وَجِفَانٍ كَالْجَوَابِ وَقُدُوْرٍ رّٰسِيٰتٍۗ اِعْمَلُوْٓا اٰلَ دَاوٗدَ شُكْرًا ۗوَقَلِيْلٌ مِّنْ عِبَادِيَ الشَّكُوْرُ

Mereka (para jin itu) bekerja untuk Sulaiman sesuai dengan apa yang dikehendakinya di antaranya (membuat) gedung-gedung yang tinggi, patung-patung, piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk-periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah wahai keluarga Dawud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur.

 

Istinbat Hukum Gambar Menurut Muhammad Ali al-Ṣabuni :

  1. Patung tiruan orang, hewan dan makhluk bernyawa lainnya. Jenis patung ini menurut al-Ṣabuni haram dengan ijma’.
  2. Gambar yang dilukis dengan tangan yang merupakan tiruan makhluk bernyawa. Hukumnya haram dengan kesepakatan para Ulama.
  3. Lukisan dalam bentuk yang utuh adalah haram.
  4. Gambar yang menonjol, serta menimbulkan rasa hormat dan digantungkan di tempat yang mudah dilihat oleh orang-orang adalah haram.
  5. Lukisan atau patung bukan dalam bentuk orang atau benda bernyawa, seperti umpamanya lukisan benda-benda tidak benyawa yaitu, lukisan tentang pemandangan sungai, pohon dan pemandangan alam yang tidak menunjukkan benda-benda bernyawa, lukisan semacam ini tidak haram.
  6. Semua lukisan yang menggambarkan tubuh tetapi tidak utuh, seperti gambar tangan saja, atau mata saja, atau kaki saja. Lukisan-lukisan semacam itu tidak haram sebab ia menggambarkan bagian-bagian tubuh, bukan tubuh yang utuh.
  7. Boneka untuk anak-anak kecil, hukumnya adalah diperbolehkan